Profil
Lahirnya organisasi SAR di Indonesia yang saat ini bernama BASARNAS diawali dengan adanya penyebutan “Black Area” bagi suatu negara yang tidak memiliki organisasi SAR. Dengan berbekal kemerdekaan, maka tahun 1950 Indonesia masuk menjadi anggota organisasi penerbangan internasional ICAO (International Civil Aviation Organization). Sejak saat itu Indonesia diharapkan mampu menangani musibah penerbangan dan pelayaran yang terjadi di Indonesia.
Sebagai konsekwensi logis atas masuknya Indonesia menjadi anggota ICAO
tersebut, maka pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun
1955 tentang Penetapan Dewan Penerbangan untuk membentuk panitia SAR.
Panitia teknis mempunyai tugas pokok untuk membentuk Badan Gabungan SAR,
menentukan pusat-pusat regional serta anggaran pembiayaan dan materil.
Sebagai negara yang merdeka, tahun 1959 Indonesia menjadi anggota
International Maritime Organization (IMO). Dengan masuknya Indonesia
sebagai anggota ICAO dan IMO tersebut, tugas dan tanggung jawab SAR
semakin mendapat perhatian. Sebagai negara yang besar dan dengan
semangat gotong royong yang tinggi, bangsa Indonesia ingin mewujudkan
harapan dunia international yaitu mampu menangani musibah penerbangan
dan pelayaran.
Posisi : CPNS Badan SAR Nasional
I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila
dan Undang-undang Dasar 1945 serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
2. Memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) baik dari lulusan perguruan tinggi negeri
atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
(BAN PT) dengan akreditasi A atau Batau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan
dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau memiliki ijasah SMK/SMU atau yang sederajat negeri
atau swasta yang berstatus diakui.
3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan
yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pindana kejahatan,
yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
4. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan
Tidak Mengkonsumsi/ Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Aditif lainnya
dari Unit pelayanan kesehatan Pemerintah.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat
sebagai Pegawai Negeri Sipil/ Anggota TNI/POLRI maupun sebagai pegawai swasta
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–
6. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, atau Pegawai Negeri Sipil
atau anggota TNI/POLRI, dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain,
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,-
7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rokhani
yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
8. Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran on line
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–
9. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan
yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,-
10. Bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi pada waktu dan tempat
yang ditentukan Panitia atas biaya sendiri
(persyaratan angka 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9, dilengkapi setelah Pelamar dinyatakan lulus seleksi
dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014)
I. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 untuk semua
jenjang pendidikan (Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), dan SMK/SMU atau yang sederajat).
b. Berusia setinggi-tingginya pada tanggal 1 Desember 2014:
1) berusia 27 (dua puluh tujuh) tahunbagi pelamar sebagai Rescuer ;
2) berusia 35 (tiga puluh lima) tahun bagi pelamar non Rescuer.
2. Bagi pelamar Rescuer:
a. Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 163 cm serta memiliki berat badan normal.
b. Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta memiliki berat badan normal.
c. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS.
d. Mampu berenang, dan apabila diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS
Badan SAR Nasional wajib menyerahkan fotokopi sertifikat renang.
e. Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.
3. Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK):
a. Bagi yang berijazah SMK/SMU atau yang sederajat memiliki nilai rata-rata STTB ? 7,00.
b. Bagi pelamar yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3)
1) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A,
nilai IPK ? 2,75.
2) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B,
nilai IPK ? 3.
4. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) mampu berbahasa Inggris yang dibuktikan
dengan sertifikat TOEFL Minimal 400, dan apabila dinyatakan diterima sebagai
Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS Badan SAR Nasional wajib menyerahkan sertifikat TOEFL tersebut.
5. Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
6. Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu
yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
Pendaftaran diundur tanggal 27 Agustus s.d 10 September 2014. Informasi Formasi dan Pendaftaran online dapat anda lihat melalui sumber lowongan di bawah ini>>
Sumber Lowongan
Lahirnya organisasi SAR di Indonesia yang saat ini bernama BASARNAS diawali dengan adanya penyebutan “Black Area” bagi suatu negara yang tidak memiliki organisasi SAR. Dengan berbekal kemerdekaan, maka tahun 1950 Indonesia masuk menjadi anggota organisasi penerbangan internasional ICAO (International Civil Aviation Organization). Sejak saat itu Indonesia diharapkan mampu menangani musibah penerbangan dan pelayaran yang terjadi di Indonesia.
Badan Sar Nasional |
Lowongan CPNS Badan SAR Nasional SMA / SMK
Posisi : CPNS Badan SAR Nasional
I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila
dan Undang-undang Dasar 1945 serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
2. Memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) baik dari lulusan perguruan tinggi negeri
atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
(BAN PT) dengan akreditasi A atau Batau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan
dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, atau memiliki ijasah SMK/SMU atau yang sederajat negeri
atau swasta yang berstatus diakui.
3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan
yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pindana kejahatan,
yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
4. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan
Tidak Mengkonsumsi/ Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Aditif lainnya
dari Unit pelayanan kesehatan Pemerintah.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat
sebagai Pegawai Negeri Sipil/ Anggota TNI/POLRI maupun sebagai pegawai swasta
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–
6. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, atau Pegawai Negeri Sipil
atau anggota TNI/POLRI, dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain,
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,-
7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rokhani
yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
8. Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran on line
yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–
9. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan
yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,-
10. Bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi pada waktu dan tempat
yang ditentukan Panitia atas biaya sendiri
(persyaratan angka 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9, dilengkapi setelah Pelamar dinyatakan lulus seleksi
dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014)
I. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 untuk semua
jenjang pendidikan (Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), dan SMK/SMU atau yang sederajat).
b. Berusia setinggi-tingginya pada tanggal 1 Desember 2014:
1) berusia 27 (dua puluh tujuh) tahunbagi pelamar sebagai Rescuer ;
2) berusia 35 (tiga puluh lima) tahun bagi pelamar non Rescuer.
2. Bagi pelamar Rescuer:
a. Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 163 cm serta memiliki berat badan normal.
b. Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta memiliki berat badan normal.
c. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS.
d. Mampu berenang, dan apabila diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS
Badan SAR Nasional wajib menyerahkan fotokopi sertifikat renang.
e. Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.
3. Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK):
a. Bagi yang berijazah SMK/SMU atau yang sederajat memiliki nilai rata-rata STTB ? 7,00.
b. Bagi pelamar yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3)
1) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A,
nilai IPK ? 2,75.
2) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B,
nilai IPK ? 3.
4. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) mampu berbahasa Inggris yang dibuktikan
dengan sertifikat TOEFL Minimal 400, dan apabila dinyatakan diterima sebagai
Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS Badan SAR Nasional wajib menyerahkan sertifikat TOEFL tersebut.
5. Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
6. Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu
yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
Pendaftaran diundur tanggal 27 Agustus s.d 10 September 2014. Informasi Formasi dan Pendaftaran online dapat anda lihat melalui sumber lowongan di bawah ini>>
Sumber Lowongan